Jalur Seleksi


Universitas Muhammadiyah Bandung menyediakan 4 jalur masuk, yaitu :

1. Jalur Prestasi Akademik

Jalur masuk dengan melampirkan nilai rata-rata rapor dari semester 1 s.d 5 (minimal 75, IPA 80) dalam 1 file PDF dengan maksimal size file 5 Mb di-upload pada berkas opsional website.


2. Jalur Prestasi Non Akademik

Jalur masuk menggunakan prestasi non akademik (Seni, Olahraga, Tahfidz) yang pernah diraih oleh camaba, dibuktikan dengan sertifikat resmi dari lembaga penyelenggara (maksimal 2 tahun terakhir).

 

3. Jalur Undangan

Bagi camaba yang pernah mengikuti ujian di PTN (SNBP, SNBT, PTKIN, UTBK, Ujian Mandiri PTN, UM-PTKIN dan sebagainya) berkesempatan masuk UM Bandung tanpa tes dengan melampirkan kartu hasil ujian di PTN Selengkapnya >

Prosedur Pendaftaran


Persyaratan pendaftaran program Sarjana (S1) UM Bandung Tahun Akademik 2024/2025

Persyaratan Umum

  • Lulusan SMA/SMK/Madrasah Aliyah/SMF atau sederajat.
  • Calon mahasiswa berhak memilih 2 Program Studi.
  • Calon mahasiswa melengkapi data diri di laman pmb.umbandung.ac.id.
  • Calon mahasiswa membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) dan upload bukti pembayaran di laman pmb.umbandung.ac.id.

Persyaratan Khusus Program Studi

  1. Khusus program Studi Farmasi hanya menerima siswa SMA/MA/SMK Jurusan IPA dan Sekolah Menengah Farmasi (SMF).
  2. Khusus program Studi Teknik Elektro, Teknik Industri dan Bioteknologi hanya menerima siswa SMA/MA dari Jurusan IPA atau dari SMK Jurusan Eksakta.

 

Kelas Reguler Sore / Reguler Weekend (Karyawan):

Universitas Muhammadiyah Bandung, membuka kelas Reguler Sore maupun Reguler Weekend (karyawan) untuk Program Studi tertentu, di Selengkapnya >

Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Bandung Tahun Akademik 2023-2024


 

Biaya pendaftaran Strata 1 (S1) : Rp.300.000,

Raih dan Dapatkan 2000 Kouta Beasiswa !!! 

 

1. Program Beasiswa UTAMA ini akan mendapatkan potongan 30% hingga 50% SPP selama 8 Semester. Hal ini membantu meringankan biaya bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Download biaya kuliah Beasiswa UTAMA klik disini

2. Program beasiswa kader Muhammadiyah ini, akan membantu para calon mahasiswa dalam meringankan biaya kuliah dengan mendapatkan potongan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sebesar 40% - 50 % (tergantung Program studinya) dan beasiswa BPP (Biaya Pengembangan Pendidikan) sebesar 30% - 50% (tergantung Program Studinya).

Download biaya kuliah Kader Muhammadiyah klik disini

3. Program beasiswa Prestasi ini akan membantu para calon mahasiswa dalam meringankan Selengkapnya >

Program Beasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung


Program Beasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung


Program Beasiswa UTAMA (Potongan SPP)

Merupakan salah satu program beasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Bandung dalam rangka membantu para lulusan tingkat SMA/SMK/MA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Program Beasiswa UTAMA ini, akan mendapatkan potongan 30% hingga 50% SPP selama 8 Semester. Hal ini membantu meringankan biaya bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Adapun peruntukan Program Beasiswa UTAMA ini, berlaku untuk semua program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Bandung dan berlaku selama 8 semester.

Untuk Program Beasiswa UTAMA ini Kuota Terbatas, hanya untuk 2000 orang pendaftar pertama.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa UTAMA

  1. Lulusan SMA, MA, SMK Selengkapnya >