Program Studi S1 Teknologi Pangan


“Menjadikan Program Studi Teknologi Pangan sebagai Program Sarjana Berkarakter Islami dan Teknopreneur di bidang Pangan pada tahun 2025”

Kemajuan industri pangan disertai dengan perkembangan ilmu dan teknologi pangan yang semakin pesat, membutuhkan ketersedian Sarjana Teknologi Pangan yang kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneur serta penuh keberanian mengambil resiko untuk menciptakan usaha mandiri sehingga membuka lapangan kerja untuk kemakmuran bangsa.

Teknologi Pangan (TP) UMBandung membuka Program Sarjana Strata 1 (S-1) untuk menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan tersebut. Kurikulum TP UMBandung dirancang dengan tiga kompetensi sekaligus yang saling terintegrasi, yakni Keislaman (penekanan pada Pangan Halal dan Toyyib), Ilmu Teknologi Pangan yang menekankan pada proses dan analisis, serta Technopreneurship yang diperkaya dengan pengetahuan teknologi dan ilmu manajemen bisnis. Ilmu yang diperoleh diperkaya pula dengan pengalaman magang, baik di industri Kecil dan Menengah (UKM) maupun perusahaan besar.

 

Misi Program Studi Teknologi Pangan

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan teknologi pangan yang islami
  2. Melaksanakan penelitian di bidang teknologi pangan yang aman dan halal
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penyampaian pengetahuan ilmiah dan teknologi tepat guna dalam bidang pangan yang aman dan halal
  4. Melaksanakan dakwah persyarikatan melalui integrasi Al Islam dan kemuhammadiyahan dalam pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan wirausaha di bidang teknologi pangan

Kompetensi Program Studi Teknologi Pangan

  • Ilmu Dasar Pangan
    (Kimia dan Analisis Pangan, Mikro Biologi & Keamanan Pangan, Pengolahan dan Keteknikan Pangan, Biokimia, Kesehatan, dan Gizi Pangan).
  • Aplikasi Ilmu Pangan
    (Teknologi Nabati & Hewani, Pengawetan, Pengemasan, Fermentasi, Bakery).
  • Kecakapan Hidup
    (Magang UMKM, Wirausaha Teknologi Pangan, Kerja Praktik, Komunikasi Bisinis, Ilmu Komputer).
  • Kehalalan Pangan
    (Konsep Halal Thoyyib, Analisis Kehalalan Pangan, Jaminan Produk Halal).

Kurikulum Unggulan & Spesifikasi Program Studi Teknologi Pangan

  • Program Studi Teknologi Pangan UM Bandung memiliki kekhasan dalam kurikulum Teknologi Pangan yang terintegrasi dengan nilai-nilai islami dan teknopreneur yang tercantum pada mata kuliah di setiap semester
  • Kurikulum dirancang sesuai kompetensi yang direkomendasikan oleh Institut of Food Technologist (IFT) dan Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) yang dikolaborasikan dengan konsep Keislaman & Kemuhammadiyahan sehingga menghasilkan Lulusan Teknologi Pangan Halal yang memiliki jiwa technopreneur.

Prospek Lulusan Program Studi Teknologi Pangan

  • Pengusaha di bidang Teknologi Pangan yang inovatif, kreatif, dengan nilai-nilai Islam, sehingga dapat menjadi saudagar muslim yang dapat menciptakan lapangan kerja.
  • Auditor Halal internal perusahaan atau LPH (Lembaga Pemeriksa Halal) yang dilengkapi dengan sertifikasi-sertifikasi profesi yang menunjang karir.
  • Praktisi di Industri Pangan, sebagai tenaga Quality Control/ Quality Assurance, Produksi, atau Reseacrh & Development.
  • Akademisi, Peneliti, ataupun Konsultan di bidangn pangan, serta tenaga di BPOM, Kementerian, maupun BPJPH.