Program Studi S1 Teknik Industri


Menghasilkan Industrial Engineer Yang Fleksibel Dan Dinamis.”

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang fokus pada perancangan, pengelolaan, dan perbaikan sistem, yang obyeknya tidak terbatas, baik barang maupun jasa.

Sebagai salah satu program studi di UMBandung yang berorientasi pada teknopreneurship (kewirausahaan), tentu saja Program Studi Teknik Industri UM Bandung memiliki kapasitas yang lengkap tentang ilmu kewirausahaan dimulai dari bagaimana memilih dan merancang produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, bagaimana merencanakan produksi mulai dari industri skala kecil sampai industri skala besar, ditunjang pengendalian kualitas dan perencanaan biaya yang optimal, bagaimana merancang pabriknya, sampai memasarkan produk tersebut untuk menghasilkan keuntungan yang optimal.

Visi teknik Industri

Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Bandung mengembangakan keilmuan teknik industri yang berbasis nilai-nilai keIslaman dan technoprenerial dengan memperhatikan kebutuhan lingkungan sehingga memberikan dampak sosial yang berarti

Kompetensi

Kompetensi lulusan Prodi Teknik Industri dinyatakan sebagai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang mengacu pada KKNI dan rumusan CPL BKSTI, yaitu :

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dari prinsip-prinsip keteknikindustrian.
  2. Kemampuan untuk merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang diperlukan dan berbagai batasan multi aspek yang realistis (misal: teknis, aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan), serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan pandangan global di bidang teknik industri
  3. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dan menganalisis dan menerjemahkan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan keteknikindustrian.
  4. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang teknik industri.
  5. Kemampuan utuk menerapkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan dalam praktik keteknikindustrian.
  6. Kemampuan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif.
  7. Kemampuan untuk merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan yang diberikan.
  8. Kemampuan untuk bekerja dalam tim.
  9. Kemampuan untuk bertanggungjawab kepada masyarakat, akuntabel, dan menjalankan etika profesi sesuai dengan nilai-nilai Al Islam & Kemuhammadiyahan (AIK) dalam menyelesaikan permasalahan keteknikindustrian.
  10. Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan yang relevan dari isu-isu terkini.
  11. Kemampuan mengidentifikasi peluang bisnis, membuat rencana bisnis, dan melakukan analisis kelayakan sesuai nilai-nilai keislaman, serta memanfaatkan teknologi.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Teknik Industri UMBandung mengacu pada kurikulum inti dari BKSTI (Badan Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri).

Kurikulum terintegrasi Keislaman dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mendukung pencapaian islamic technopreneurship :

  1. Pengayaan industri halal dan ekonomi halal
  2. Pembelajaran sesuai konteks dengan contoh nyata
  3. Pengembangan softskill mahasiwa dengan penerapan konsep system thinking
  4. Penguatan bidang keselamatan kerja dan lingkungan industri
  5. Penguatan bidang analisis data dan data mining

Profil Lulusan

  1. Praktisi Teknik Industri yang mampu bekerja secara profesional dalam bidang keteknik industrian atau bidang serupa dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip keteknikindustrian.
  2. Pewirausaha mula yang memanfaatkan teknologi dengan penekanan pada kemampuan mengidentifikasi peluang, merancang, merencanakan, serta menganalisis kelayakan bisnis.
  3. Ilmuwan/Akademisi yang mampu mengembangkan pengetahuan, keterampilan diri, dan keprofesiannya secara terus-menerus, serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Prospek Lulusan

Lulusan Teknik Industri yang berperan sebagai praktisi Teknik Industri dapat menjadi :

  1. Product Engineer, Production Analyst, Health Safety and Environment Engineer, Logistic Specialist, Human Resource Manager, Cost Control Engineer, Quality Engineer, Marketing and Sales Engineer, Data and Information Analyst, Assistant Project Manager, Project Control Manager, Supply Chain Officer, Business Analyst and Consultant, Management Consultant, Operation Research Engineer, dll.
  2. Lulusan Teknik Industri dapat juga menjadi pewirausaha di berbagai bidang industri baik industri produk maupun jasa, serta menjadi akademisi ataupun peneliti di bidang Teknik Industri.