Program Studi S1 Ilmu Komunikasi


"Communication Studies UMBandung, courageous, creative, good attitude, and good communication in digital era"

Ilmu Komunikasi merupakan bidang pengetahuan penggunaan teknologi dan distribusi informasi melalui media. Oleh karenanya, Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung, selain mengarahkan pengajarannya kepada pembentukan sarjana yang mampu memahami, mengaplikasikan, dan memiliki keterampilan komunikasi berbasis teknologi digital, juga konsern membentuk sarjana entrepreneur Islami yang kompeten dalam bisnis komunikasi, dan media serta bidang Industri Kreatif.

Visi Ilmu Komunikasi

Menjadi program studi yang sangat baik dalam bidang ilmu komunikasi berbasis teknopreneur dan berkarakter Islami di Jawa Barat pada tahun 2024

Misi Ilmu Komunikasi

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bidang komunikasi yang terintegrasi dengan al Islam dan Kemuhammadiyahan
  • Melaksanakan kegiatan penelitian komunikasi dalam rangka meningkatkan dan mengaplikasikan ilmu komunikasi untuk kepentingan kualitas hidup
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan didasarkan pada kearifan lokal dalam rangka pengaplikasian ilmu komunikasi dan bertujuan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat
  • Melnjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam negeri dan luar negeri guna mengembangkan ilmu komunikasi dan meningkatkan kualitas lulusan program studi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung).

Tujuan Ilmu Komunikasi

  • Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu komunikasi dan berkarakter teknopreneur islami;
  • Menghasilkan penelitian di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan kearifan lokal;
  • Menghasilkan sivitas akademika yang memiliki kepedulian terhadap berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat;
  • Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan ilmu komunikasi dan technopreneurship.

Kurikulum Unggulan & Spesifikasi Program Studi Ilmu Komunikasi

  • Kurikulum yang disusun pada setiap program studi terintegrasi dengan kebutuhan industri saat ini diselaraskan dengan nilai-nilai islami yang menjadikan mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung memiliki sikap profesional berbasis nilai Shidiq, amanah, Fathanah dan Tabligh.
  • Mengedepankan pengembangan keterampilan serta keahlian menulis, fotografi, media monitoring &analysis, serta keterampilan entrepreneurship merujuk pada nilai-nilai Islam.
  • Mata Kuliah didesain bermuatan SCL (Student Centered Learning) dan soft skill agar mahasiswa mampu berfikir kreatif, kritis, mandiri, produktif dan bermotivasi tinggi.

Profil Lulusan

  • Digital Public Relations Consultant
    (memberikan solusi terkait perencanaan kebijakan analisis dan evaluasi yang dibutuhkan oleh klien)
  • Pengelola Konten Strategis/ Strategic Content Manager
  • Perencana Strategi (Strategic Planner) di bidang ilmu komunikasi
    Menjadi perencana Strategis (strategic planner) di industry komunikasi berbasis media
  • Praktisi Komunikasi media
    Pekerja professional sebagai praktisi komunikasi di berbagai media dan industry kreatif berbasis broadcasting digital, multimedia, dll
  • Technopreneur Komunikasi
  • Social Media Planner
    Merancang dan menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform Media sosial.
  • Digital Strategis
    (Merancang dan melaksanakan pekerjaan professional dibidang jurnalistik (cetak/elektronik/media baru) dengan landasan kode etik jurnalistik)
  • Entrepreneur Digital Communications
    (Merancang, menciptakan dan mengembangkan kegiatan komunikasi berbasis kewirausahaan dengan memanfaatkan sarana multiplatform media)

Prospek Lulusan

Peluang karir bagi Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi UMBandung di antaranya:

  • Akademisi dan peneliti
  • Public Relations
  • Konsultan Komunikasi
  • Conten Creator
  • Youtuber
  • Junalis
  • News Writter
  • Fotografer
  • Videografer
  • Event Organizer
  • Sineas
  • Pengusaha media
  • Entertainer
  • Digital Marketing