Program Studi S1 Hukum Keluarga Islam


“Unggul, Berkarakter dan Berkemajuan dalam bidang Hukum Keluarga Islam Tahun 2027”

Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah) adalah Program Studi yang didesain untuk menyiapkan sarjana hukum Islam yang profesional, berkarakter, dan berkemajuan. Pelbagai perkembangan baru —dalam beberapa dasawarsa terakhir ini— telah memunculkan masalah-masalah kontemporer menyangkut hukum Islam. Tidak ada yang menyangkal bahwa dalam 150 tahun terakhir ini telah terjadi perubahan yang luar biasa dalam sejarah peradaban umat manusia. Perubahan ini ditandai dengan hadirnya globalisasi, revolusi iptek terutama di bidang komunikasi, informasi, transportasi, genetika, penemuan arkeologis dan eksplorasi ruang angkasa.

Selain itu, perkembangan baru juga ditandai dengan munculnya kesadaran yang meningkat tentang Selengkapnya >

Program Studi S1 Komunikasi Penyiaran Islam


“Unggul, Berkarakter dan Berkemajuan dalam bidang Komunikasi Penyiaran Islam Tahun 2027”

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) didesain untuk menyiapkan sarjana jurnalis, broadcaster dan mubaligh yang profesional, berkarakter dan berkemajuan. Universitas Muhammadiyah Bandung sebagaimana dinyatakan dalam visinya ingin menjadikan lembaganya sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkemajuan dalam dakwah pencerahan”, yaitu dakwah yang membebaskan, memberdayakan dan memajukan. Melalui Program Studi KPI ini diharapkan visi tersebut dapat direalisasikan secara optimal.

Dakwah merupakan kewajiban agama dan kemanusiaan yang sangat penting. Aktvitas yang berintikan amar ma’ruf nahi munkar ini menentukan keberadaan suatu masyarakat, bangsa, bahkan peradaban secara luas. Apakah berkemajuan (sejahtera lahir batin) atau Selengkapnya >

Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini


“Kreatif, Inovatif, Ceria”

Pendidikan anak usia dini merupakan awal dari pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi kunci dalam memperbaiki kualitas bangsa. Untuk mendapatkan hasil pembentukan anak yang berkualitas salah satunya didukung oleh pendidik yang professional.

Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Bandung menyadari pentingnya pendidik profesional, kreatif dan inovatif ditingkat Pendidikan anak usia dini demi membangun generasi tangguh, berilmu, berakhlak dan adaptif dengan tantangan zaman. Untuk itu Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Bandung, mencetak pendidik AUD Profesional yang berbasis Keislaman, kreatif inovatif siap bersaing di era digitalisasi.

Visi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Menjadi Program Studi Pendidikan Islam Selengkapnya >

Program Studi S1 Manajemen


"Menghasilkan Sarjana Ekonomi yang Kerdible dan Berintegritas Tinggi"

Visi
Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Manajemen yang unggul di kota Bandung dalam bidang pengembangan ilmu Manajemen yang menghasilkan tenaga profesional berbasis Syariah.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang manajemen
  2. Menyelenggarakan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan di bidang akuntansi dalam rangka memecahkan masalah ekonomi masyarakat serta menunjang pembangunan regional maupun nasional.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi di bidang manajemen dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
  4. Menjadikan program studi sebagai pusat dakwah dan aplikasi ekonomi syariah.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang Selengkapnya >

Program Studi S1 Akuntansi


“AKUNTAN ISLAMIC-PRENEUR”

Pada tahun 2000 Program studi Akuntansi STIEM (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah) dengan fokus pada pengembangan ilmu Akuntansi yang menghasilkan tenaga profesional berbasis syariah. Pada tahun 2019 Program studi Akuntansi STIEM resmi menjadi Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bandung (Prodi Akuntansi Umbandung). Prodi Akuntansi UMBandung (d/h STIEMB) telah meluluskan lebih dari 500 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, kontribusi alumni telah dirasakan diberbagai lingkup pekerjaan tidak hanya sektor keuangan atau akuntansi, antara lain: direktur keuangan perusahaan swasta maupun BUMN, akuntan keuangan swasta, auditor kantor akuntan publik, konsultan pajak, analis sistem, akuntan programmer, akuntan pendidik, dan wirausaha/enterpreneur.

Visi Akuntansi

Menjadi Program Selengkapnya >

Program Studi S1 Ekonomi Syariah


Latar Belakang Ekonomi Syariah

  • Pemahaman Masyarakat
    Pada dasarnya sistem ekonomi syariah telah jelas dan diterima oleh masyarakat muslim. Intinya Islam melarang segala bentuk transaksi ribawi serta akumulasi yang hanya tertumpu pada pihak tertentu secara tidak adil. Perbedaannya terletak di tataran praktis sehingga masih perlu terus disosialisasikan. Masyarakat luas di berbagai segmen masih belum terlalu banyak mengerti sistem, konsep, filosofi, produk, keuntungan dan keunggulan bank syariah.
  • Sumber Daya Manusia
    Kendala di bidang sumber daya manusia ini disebabkan oleh karena sistem ekonomi syariah belum lama dikembangkan. Di samping itu, lembaga-lemabaga akademik dan pelatihan di bidang ekonomi syariah masih sangat terbatas sehingga tenaga terdidik dan Selengkapnya >

Program Studi S1 Bioteknologi


“Bioteknologi Untuk Kemaslahatan Umat.”

 

Bioteknologi adalah Ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dll) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol, dll) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi makhluk hidup dan lingkungan. Bioteknologi adalah area Biologi Modern yang paling dinamis perkembangannya dengan pendekatan “menemukan solusi” dari permasalahan, sehingga penerapan keilmuan Bioteknologi sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan, di antaranya bidang pangan, energi, kesehatan, lingkungan dan pertanian. Beberapa contoh spesifiknya adalah Bioteknologi Mikroba, Teknologi Genetika dan Kloning, Desain Obat, Teknologi Sel Tumbuhan, Biologi Sintetik, Sistem Sel, dan Metodologi Bioproses.

 

Indonesia, khusunya Jawa Barat, memiliki kelimpahan sumber Selengkapnya >

Program Studi S1 Teknik Industri


Menghasilkan Industrial Engineer Yang Fleksibel Dan Dinamis.”

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang fokus pada perancangan, pengelolaan, dan perbaikan sistem, yang objeknya tidak terbatas, baik barang maupun jasa. Ilmu Teknik Industri mempelajari bagaimana suatu pekerjaan harus dilakukan dengan cara mengkombinasikan sumber-sumber daya manusia, mesin, material, informasi, energi, dan uang secara optimal, supaya pekerjaan lebih aman dan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, lulusan Teknik Industri memiliki kemampuan yang fleksibel dan dinamis sehingga dapat berkarya di semua bidang.

Sebagai salah satu Program Studi di UMBandung yang berorientasi pada teknopreneurship (kewirausahaan), tentu saja Program Studi Teknik Industri UM Bandung memiliki kapasitas yang lengkap tentang Selengkapnya >

Program Studi S1 Teknik Informatika


“Mewujudkan Software Engineer Terbaik dengan Solusi-solusi Aplikatif Bagi Indonesia”

Program Studi Teknik Informatika memberikan perhatian khusus kepada teknologi berkembang saat ini seperti “Virtual Reality”, “Data Warehouse”, “Integrated Database”, “Internet of Things”, dan “Augmented Reality”. Pendalaman pada rumpun ilmu dan teknologi ini dimaksudkan agar mahasiswa fokus mendalami salah satu yang disukai sehingga pemahaman tidak hanya sebatas “kulit” pemrograman tapi juga sesuai dengan standar industri saat ini.

Pembelajaran akan ditempuh dalam waktu 8 semester dengan jumlah 144 SKS. Pembelajaran akan dibagi dalam 3 bagian yang dilaksanakan secara berkesinambungan yaitu Informatika Dasar, Informatika Lanjut, dan Penerapan Bisnis Startup. Selama 8 semester tersebut, mahasiswa akan dituntun Selengkapnya >

Program Studi S1 Farmasi


“Pharmacy UM Bandung, Growing Good And Educated Pharmacist

Farmasi adalah seni dan ilmu menyiapkan dan memformulasikan obat serta menyediakan informasi terkait obat pada masyarakat. Keilmuan farmasi semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan munculnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan obat. Perkembangan industri farmasi yang semakin maju dalam menciptakan obat-obat baru, dan tuntutan masyarakat akan pengetahuan tentang obat membutuhkan ketersediaan tenaga kefarmasian yang sangat kompeten, kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneur.

Program Studi Farmasi UM Bandung membuka Program Sarjana Strata 1 (S-1) untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjawab tantangan tersebut. Kurikulum Prodi Farmasi UM Bandung di rancang dengan tiga kompetensi yang saling berintegrasi yaitu, Selengkapnya >

Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam


“Prodi Pendidikan Agama Islam Melahirkan Mahasiswa Berakhlak Mulia, Unggul dan Berkemajuan"

Program Studi Pendidikan Agama Islam merupakan program studi pertama di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), yang berdiri pada 19 Juli 1987 dengan SK Nomor: 88/Kop/S/1987. Kemudian berubah menjadi STAIM (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah) Bandung tahun 1995 dengan 5 Program Studi, satu diantaranya Program Studi PAI. Pada tahun 2016 Prodi PAI mendapatkan akreditasi B dari Ban PT, dan berhasil mempertahankan akreditasi dengan standar 9 menjadi akreditasi Baik Sekali pada tahun 2022. Berkat kerja keras dan cerdas para pimpinan serta seluruh civitas STAIM Bandung, pada tahun 2020 Prodi PAI bergabung bersama Selengkapnya >

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi


"Communication Studies UMBandung, courageous, creative, good attitude, and good communication in digital era"

Ilmu Komunikasi merupakan bidang pengetahuan penggunaan teknologi dan distribusi informasi melalui media. Oleh karenanya, Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung, selain mengarahkan pengajarannya kepada pembentukan sarjana yang mampu memahami, mengaplikasikan, dan memiliki keterampilan komunikasi berbasis teknologi digital, juga konsern membentuk sarjana entrepreneur Islami yang kompeten dalam bisnis komunikasi, dan media serta bidang Industri Kreatif.

Visi Ilmu Komunikasi

Menjadi program studi yang sangat baik dalam bidang ilmu komunikasi berbasis teknopreneur dan berkarakter Islami di Jawa Barat pada tahun 2024

Misi Ilmu Komunikasi

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bidang Selengkapnya >

Program Studi S1 Psikologi


Menghasilkan Sarjana Psikolog Terlatih, Inovatif Dan Kompeten Yang Berpedoman Pada Kode Etik Psikologi.”

Program Studi Psikologi UM Bandung menekankan pada psikologi kognitif yang dapat menghasilkan lulusan sarjana Psikologi yang mandiri, kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneur sehingga dapat mengembangkan keilmuannya serta dapat bekerja sama di bidang pendidikan, industri, maupun masyarakat (sosial) guna meningkatkan kesehatan mental individu.

Misi Program Studi Psikologi

  • Menyelenggarakan Program Pendidikan Psikologi berdasarkan pendekatan psikologi kognitif dan nilai-nilai Islam sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan kompettif serta berjiwa technopreneur.
  • Melaksankan dan mengembangkan penelitian psikologi yang berdasarkan pada nilai-nilai Islam sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu psikolgi khususnya dan ilmu sosial pada umumnya.
  • Melaksanakan Pengabdian Selengkapnya >

Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion


“Impress And Creative Power.”

 

Kriya adalah bidang keilmuan yang mempelajari pengetahuan dengan menitikberatkan pada keterampilan, kecekatan manual yang tinggi, disertai kreativitas berkarya rupa bernilai estetis. Produk Kriya di olah melalui pendekatan berbagai medium dan kepekaan estetik untuk kebutuhan khusu maupun kebutuhan praktis dalam kehidupan keseharian (utilitarian).

Kriya Tekstil mempelajari secara khusus metoda berkarya yang di dalmnya terkandung muatan-muatan nilai estetik, simbolik, sekaligus fungsional. Oleh karena itu, dalam perwujudannya di dukung craftmanship yang tinggi. Hasil karya Kriya Tekstil haruslah berlandaskan pada nilai konseptual, tema-tema imajinatif yang relevan dengan masa kini dan masa mendatang.

Kriya Tekstil Universitas Muhammadiyah Bandung difokuskan pada keterampilan keilmuan utama tekstil yaitu; Desain Selengkapnya >

Program Studi S1 Teknologi Pangan


“Menjadikan Program Studi Teknologi Pangan sebagai Program Sarjana Berkarakter Islami dan Teknopreneur di bidang Pangan pada tahun 2025”

Teknologi Pangan UMBandung membuka Program Sarjana Strata 1 (S-1) untuk menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan tersebut. Kurikulum Teknologi Pangan UMBandung dirancang dengan tiga kompetensi sekaligus yang saling terintegrasi, yaitu: 1. Keislaman yang menekankan pada konsep pangan halal dan tayib, 2. Technopreneurship yang menekankan pada jiwa entrepreneur lulusan yang didukung oleh ilmu manajemen dan kewirausahaan di bidang teknologi pangan, 3. Ilmu Teknologi Pangan yang didukung oleh pengetahuan potensi bahan pangan lokal serta pengolahannya, pengetahuan gizi bahan pangan, pengetahuan teknologi rekayasa pangan, pengalaman kerja Selengkapnya >

Program Studi S1 Administrasi Publik


“For Better Policies and Services”

Program Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Bandung hadir untuk menyiapkan para calon lulusan unggul yang mengerti akan pentingnya pelayanan, kebijakan dan management sebagai produk dari administrasi publik yang siap akan perubahan yang ada, serta berperan penting dalam menyelesaikan persoalan publik di masyarakat secara luas dengan corak nilai-nilai islamic technopreneur sebagai landasan utama Universitas Muhammadiyah Bandung. Sejak berdiri pada 14 Juni 2016 dengan SK bernomor 205/KPT/I/2016, program Studi Administrasi Publik terus berkomitmen menjadikan Program studi yang center of exellent, Hal ini dibuktikan dengan Predikat Akreditasi yang didapat dengan Peringkat ”Baik” pada tahun 2021-2026.

Visi Administrasi Publik

Menjadikan Program Studi Adminisrasi Selengkapnya >

Program Studi S1 Teknik Elektro


“Membuka Cakrawala Teknologi Masa Depan Bagi Technopreneur Unggulan Bangsa.”

 

Kontribusi Teknik Elektro diperkirakan akan terus berlanjut pada masa yang akan datang. Sehingga, lulusan Teknik Elektro sebagai agen transformasi dibutuhkan dengan memberikan praktek kerekayasaan yang terbaik dalam aspek inovasi dan pengembangan produk, perancangan, instalasi, operasi dan pemeliharaan, kegiatan riset terkini, dan lain sebagainya.

Proram Studi S1 Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Bandung mengembangkan program pendidikan yang mempersiapkan sarjana Teknik Elektro yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpedoman pada penguasaan rekayasa, sains, dan teknologi yangIslami.

Misi Program Studi Teknik Elektro

  • Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dalam bidang rekayasa Teknik Elektro yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan Selengkapnya >

Program Studi S1 Agribisnis


“Membangun Wirausaha Muda Bidang Agribisnis Yang Kompeten, Profesional, Kontributif.”

 

Agribisnis merupakan sistem yang terintegrasi pada usaha tani yang meliputi pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan yang mencakup seluruh aktivitas mulai dari input produksi hingga produk sampai kepada konsumen. Agribisnis dipandang sebagai sebuah sistem usaha tani yang dibangun oleh aktivitas bisnis termasuk di dalamnya manajemen bisnis dan pendukungnya seperti manajemen produksi, pengolahan (agroindustri), distribusi dan pemasaran, kelembagaan, intermediasi, intermediasi teknologi, keuangan, investasi, komunikasi, informasi usaha tani, dan lain-lain.

 

Program Studi Agribisnis UM Bandung dibangun untuk menghasilkan wirausaha di bidang agribisnis yang kompeten, profesioanl, dan kontributif; mengembangkan klaster agrbisnis pedesaan bersinergi bersama Program Studi Selengkapnya >