Sukses Gelar Akreditasi Psikologi UMBandung Bertekad Jadi Prodi yang Bisa Diandalkan dan Diperhitungkan


Bandung —  Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah selesai melaksanakan akreditasi petamanya pada 26-27 April 2021 yang dipusatkan di Rektorat UMBandung.

Meskipun penilaian dari pihak asesor BAN-PT dilakukan secara daring yang membutuhkan peralatan teknis tidak sedikit, tetapi pelaksanaan akreditasi Prodi Psikologi ini berjalan cukup baik, hikmat, dan sukses hingga akhir.

Dalam proses akreditasi kali ini, Prof. Dr. Mungin Edi Wibowo, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang dan Prof. Augustinus Supratiknya, Ph.D. dari Universitas Sanata Dharma bertindak sebagai penilai.

Ketua Prodi (kaprod) Psikologi Riyanda Utari, S.Psi., M.P.si. mengatakan ia dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi merasa berbahagia atas kelancar kegiatan yang dilaksanakan.

”Hasil penilaian dan penyampaian dari para asesor bisa menjadi masukan yang berharga dan perbaikan bagi program studi atau universitas. Sehingga prodi psikologi bisa menjadi lahan dan bagian yang memiliki andil pada pengembangan universitas dalam mendukung visi misi dari institusi UMBandung,” kata Riyanda.

Riyanda menambahkan, Prodi Psikologi akan terus membangun dan mengembangkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki terkait dengan selesainya pelaksanaan akreditasi.

Kaprodi yang juga berprofesi sebagai psikolog itu berharap, setelah adanya masukan dari para asesor BAN-PT, hal ini bisa menjadi sebuah tolok ukur sehingga menjadi pertimbangan dalam mengembangkan dan mejalankan visi misi Prodi Psikologi.

”Oleh karena itu, Program Studi Psikologi bertekad ingin menjadi program studi yang bisa diandalakan dan yang bisa diperhitungkan dalam pengembangan kampus UMBandung,” tuturnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora (Soshum) Prof. Dr. Nanang Rizali, M.Ds. menilai, pelaksanaan akreditasi yang ketiga kalinya bagi Fakultas Soshum ini berjalan dengan baik.

Prof. Nanang mengatakan, dalam pelaksanan segi akademik terutama dalam proses mengajar, sebagai suatu hal yang sudah cukup.

”Kami sudah mendapatkan semacam resume dari hasil asesmen sejak kemarin. Semua itu merupakan sebuah pembelajaran dan masukan yang sangat berharga bagi kami, baik Fakultas Sosial Humaniora maupun Prodi Psikologi,” kata Prof. Nanang.

Menurut Prof. Nanang, para asesor sudah memberikan masukan sangat berharga terkait bagaimana sesungguhnya pengajaran, pendidikan, kualitas penelitian, dan pengabdian kepada masyarkat.

”Kita perlu memberikan semacam ciri khas atau apa yang membedakan dengan prodi-prodi psikologi lain yang ada di Bandung khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” lanjutnya.

Prof. Nanang berharap kepada Prodi Psikologi UMBandung untuk bisa meningkatkan mutu kualitas terutama dalam jenjang kependidikan.

”Mudah-mudahan lima tahun mendatang, kita bisa meningkatkan program studi ini menjadi lebih baik lagi,” pungkas Prof. Nanang.