Prodi Psikologi UM Bandung Gelar PKM Soal Meningkatkan Penjualan Produk UMKM


Menarik minat konsumen agar membeli suatu produk merupakan hal penting yang harus diketahui dan dipahami oleh pelaku UMKM.

Selain itu, pelaku UMKM juga harus mengetahui trik-trik apa saja yang diperlukan dalam menarik minat calon pelanggan tersebut.

Terkait permasalahan tersebut, program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) adakan UMKM Hacks pada Rabu (31/08/2022).

Kegiatan tersebut merupakan pengabdian kepada masyarakat (PKM)  berupa seminar dengan tema “Apa Sih yang Bikin UMKM Laris?”.

Sebanyak 50 peserta pelaku UMKM dan pengurus Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat menjadi peserta acara tersebut.

Pelaksanaan PKM sendiri berlokasi di Saung Makan Babakan Cinta, Kabupaten Bandung Barat.

Diseminasi dengan UMKM

Secara terpisah dosen Psikologi UM Bandung Firdaus Dwi Suwandi SPsi MPsi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan diseminasi kepada pelaku UMKM.

“Kita memberikan materi kepada para pelaku UMKM soal faktor-faktor apa saja yang bisa konsumen tertarik untuk membeli suatu produk UMKM,” ucap Firdus.

Firdaus menjelaskan bahwa ada beberapa faktor terkait pembelian sebuah produk UMKM. Misalnya seperti minat beli, brand knowledge, brand image, dan kualitas pelayanan.

Ketika sudah mengetahui dan memahami semua itu, tutur Firdaus, pelaku UMKM akan lebih mudah dalam meningkatkan dan mengembangkan penjualan produknya.

Lebih jauh Firdaus juga berharap agar Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat bisa bekerja sama dengan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung.

“Karena bukan hanya dengan prodi Psikologi, melainkan dengan disiplin ilmu lainnya pun bisa menciptakan berbagai kegiatan positif,” kata Firdaus.

Hadir dalam PKM ini yakni Dekan/Wakil Dekan Fakultas Sosial & Humaniora UM Bandung, Dinas UMKM Kabupaten Bandung Barat, Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat, dan tamu undangan lainnya.

Selain Firdaus yang menyampaikan materi terkait minat beli, beberapa dosen UM Bandung juga berpartisipasi menjadi pemateri pada kegiatan ini.

Di antaranya Selly MPsi Psikolog menyampai pemateri brand knowledge, Afifah Ghina Rahmani MPsi Psikolog menyampaikan materi soal brand image, dan Vina Lusiana Nadianti MPsi Psikolog memaparkan materi mengenai kualitas pelayanan.***(FK)