Kuliah di PIAUD UMBandung, Selain Diberi Ilmu Pendidikan, Mahasiswa Juga Dibekali Ilmu Berwiraswasta


Bandung —  Banyak di antara guru yang berkiprah dan mengajar di level pendidikan anak usia dini yang latar belakang pendidikannya tidak linear.

Oleh karena itu, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) berkomitmen melahirkan tenaga pendidik yang berkompeten, profesional, dan berkualitas.

Belajar di PIAUD UMBandung dijamin sangat menyenangkan karena mempelajari makhluk hidup (read: anak kecil). Mahasiswa akan belajar mengenai psikologi perkembangan, psikologi umum, strategi dan evaluasi pembelajaran, dan kurikulum.

Selain itu, dipelajari juga bahasa Arab umum, bahasa Arab untuk anak usia dini, metode Al-Quran dan hadis, dan sebagainya.

”Satu lagi yang khas di PIAUD UMBandung, yakni pembelajarannya berlandaskan ilmu keislaman,” kata Kaprodi PIAUD UMBandung, Esty Faatinisa, seperti dilansir laman Youtube resmi UMBandung, Selasa 23 Februari 2021.

Esty menambahkan, setiap mahasiswa yang belajar di PIAUD UMBandung akan mendapatkan materi paket komplet. Selain pembalajaran yang komplet, lanjut Esty, mahasiswa juga akan mendapatkan suasana belajar yang sangat menyenangkan.

”Belajar di PIAUD UMBandung tidak akan susah. Apalagi kalau fesyen kita di dunia pendidikan, belajarnya justru akan lebih menyenangkan sehingga tidak akan kesulitan,” tambah Esty.

Bagaimana Prospek Lulusan PIAUD?

Lulusan PIAUD UMBandung, menurut Esty, akan memiliki pemahaman bagaimana pendidikan anak usia dini yang baik itu seperti apa. Selain itu, juga pemahaman mengenai cara pengelolaan sebuah lembaga.

”Sehingga nantinya lulusan PIAUD UMBandung bisa mencurahkan segala ilmu dan idealismenya di lembaga tersebut,” tambah Esty.

Kemudian Esty memerinci bahwa lulusan PIAUD UMBandung, selain menjadi guru di lembaga pendidikan usia dini, juga bisa merambah lapangan kerja di bidang lain. Prospeknya sangat luas.

Misalnya, bisa menjadi asisten peneliti, pegawai di lembaga pemerintah, seperti BKKBN atau Komnas Perlindungan Anak. Semua kesempatan kerja sangat terbuka untuk lulusan PIAUD UMBandung.

”Saya juga baru mendapat informasi bahwa ada lulusan PIAUD UMBandung yang berhasil menjadi wakil pendamping posyandu juara Jawa Barat,” kata Esty.

Jadi, prospek kerja lulusan PIAUD UMBandung, menurut Esty, sangat banyak karena anak usia dini akan terus ada sampai kapan pun.  Semua itu adalah lapangan pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Keunggulan PIAUD UMBandung, selain belajarnya berlandaskan ilmu-ilmu keislaman, calon guru di kampus ini juga akan dibekali dengan ilmu entrepreneurship atau berwirausaha.

Nantinya, mereka bisa mengembangkan, salah satunya, alat permainan edukatif. Selain itu, bisa juga memgembangkan usaha yang berkaitan dengan dunia digital.

Selain kelas karyawan, PIAUD UMBandung tentu saja menerima calon mahasiswa yang baru lulus SMA. PIAUD UMBandung bahkan sangat mengharapkan kehadiran dan bergabungnya mereka agar menjadi generasi penerus yang diharapkan.

”Guru itu sebuah profesi yang akan bisa melahirkan seribu profesi lainnya. Stimulasi yang baik dan benar terhadap anak usia dini, akan menentukan nasib bangsa kita ke depan,” pungkas Esty.