Kenalkan Bioteknologi, Himabit UM Bandung Gelar Seminar dan Lomba Tingkat SMA se-Jawa Barat


Himpunan Mahasiswa Bioteknologi (Himabit) UM Bandung menggelar seminar dan lomba tingkat SMA se-Jawa Barat.

Kegiatan itu bernama Bioverse atau Biotechnology Universe. Adapun temanya: Menjawab permasalahan masyarakat dengan ide bisnis Bioteknologi.

Sedangkan tujuan utama kegiatan tersebut, yakni memperkenalkan prodi Bioteknologi ke masyarakat di provinsi Jawa Barat.

“Untuk itu kita adakan seminar dan perlombaan tentang bioteknologi untuk para siswa SMA se-Jawa Barat,” ungkap Ketua Panitia pelaksana, Sari Nurhayati, di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung, Senin 5 September 2022.

Mengenalkan UM Bandung

Selain itu, papar Nurhayati bahwa acara yang baru pertama kali diadakan tersebut juga ajang memperkenalkan UM Bandung.

“Karena para siswa itu datang ke kampus, otomatis mereka juga kenal lingkungan UM Bandung secara langsung,” kata mahasiswi berkaca mata itu.

Harapannya, ucap mahasiswi Bioteknologi semester 5 itu, para siswa SMA tertarik berkuliah di UM Bandung.

“Semoga kegiatan ini dapat menarik minat para peserta lomba (siswa SMA se-Jawa Barat) untuk melanjutkan kuliah di kampus ini,” pungkas Nurhayati.

Sementara itu, Ketua Himabit UM Bandung, Fanny Safitriani Sundara, menyampaikan bahwa kegiatan Bioverse juga ajang untuk memperkenalkan produk Bioteknologi.

Prodi Sarjana pertama di Jawa Barat

Tak hanya itu, acara yang digelar di bawah Himabit itu juga ingin menginformasikan pada para siswa bahwa program studi S1 Bioteknologi hanya ada di UM Bandung.

“Ini Prodi S1 yang pertama di Jawa Barat. Sisanya di luar Jawa Barat, baik yang S1 maupun S2,” terang Fanny.

Dia juga berharap para siswa yang mengikuti lomba, ke depan bisa bergabung dengan prodi Bioteknologi di UM Bandung.

Ketua Prodi Bioteknologi UM Bandung, Wulan Pertiwi, Ssi, MSi mengaku senang dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara Bioverse 2022.

“Ke depan, acara ini akan rutin kita laksanakan. Terima kasih kepada panitia dan Himabit sudah mengadakan kegiatan ini,” kata Wulan dalam sambutannya.

Mengenalkan produk dan aplikasi Bioteknologi

Kegiatan itu, sambung Wulan juga sekaligus mengenalkan berbagai aplikasi karya prodi Bioteknologi UM Bandung.

“Aplikasi-aplikasi tersebut akan sangat berguna bagi masyarakat, terutama yang berkaitan dengan produk bioteknologi,” tutup Wulan.

Selain seminar dan lomba, kegiatan yang diadakan Himabit ini juga mengadakan bazar yang menampilkan produk-produk Bioteknologi, di antaranya pupuk organik, eco enzyme, dan produk minuman.

Lalu, lomba apa saja antar SMA se-Jawa Barat dalam kegiatan itu? Ada 3 lomba, yakni poster, karya tulis ilmiah, dan cerdas cermat. *** (CH)