Sukses Gelar Akreditasi, Psikologi UMBandung Bertekad Jadi Prodi yang Bisa Diandalkan dan Diperhitungkan


BANDUNGMU.COM – Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah selesai melaksanakan akreditasi petamanya pada 26-27 April 2021 yang dipusatkan di Rektorat UMBandung.

Meskipun penilaian dari pihak asesor BAN-PT dilakukan secara daring yang membutuhkan peralatan teknis tidak sedikit, tetapi pelaksanaan akreditasi Prodi Psikologi ini berjalan cukup baik, hikmat, dan sukses hingga akhir.

Dalam proses akreditasi kali ini, Prof. Dr. Mungin Edi Wibowo, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang dan Prof. Augustinus Supratiknya, Ph.D. dari Universitas Sanata Dharma bertindak sebagai penilai.

Ketua Prodi (kaprod) Psikologi Riyanda Utari, S.Psi., M.P.si. mengatakan ia dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi merasa berbahagia atas kelancar kegiatan yang Selengkapnya >

STAIM Resmi Jadi Fakultas Agama Islam UMBandung, Rektor: Ini Kekuatan Besar untuk Pengembangan Kampus


BANDUNGMU.COM – Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Bandung telah resmi bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) pada Kamis 22 April 2021.

Bergabungnya STAIM dengan UMBandung ditandai pemberian surat keputusan (SK) Menteri Agama. SK ini diberikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T., kepada pihak universitas di Auditorium UMBandung.

STAIM sebelumnya berdiri sendiri dan menyelenggarakan pembelajaran mandiri. Namun, kini menerima SK penggabungan dan telah resmi diubah menjadi Fakultas Agama Islam yang bernaung di bawah UMBandung.

Menurut Ali Ramdhani, penggabungan kampus ini menjadi sebuah anugerah yang besar. Sebabnya hal tersebut Selengkapnya >

Selesai Gelar Akreditasi, Kaprodi Ilkom: Kita Bertekad Menjadi Prodi yang Sangat Baik pada 2022


BANDUNGMU.COM – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah melakukan serangkaian proses akreditasi program studi pada 5-6 April 2021.

Dalam pelaksanaan akreditasi daring ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bertindak sebagai penilai.

Dua asesor BAN-PT yang bertugas yaitu Dr. Catur Suratnoaji, M.Si. dari Universitas Pembangunan Nasional dan Dr. S. Bekti Istiyanto dari Universitas Jenderal Soedriman.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMBandung Dra. Euis Evi Puspitasari, M.Si. mengatakan, hal yang dinilai oleh tim asesor dalam asesmen lapangan atau akreditasi setidaknya meliputi sembilan unsur.

Yakni mulai dari tata pamong sampai luaran lulusan mahasiswa yang sudah dioptimalkan selama lima tahun untuk mencapai visi dan misi, Selengkapnya >

Ditandai Penyerahan SK STIEM Resmi Bergabung dengan UMBandung


BANDUNGMU.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Bandung telah resmi bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) pada Senin 29 Maret 2021.

STIEM berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMBandung. Hal itu ditandai dengan turunnya surat keputusan (SK) kepada 30 dosen dan tenaga kependidikan yang sebelumnya mengabdi STIEM.

Acara pemberian SK tersebut dilaksanakan di Aula UMBandung lantai tiga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rektor UMBandung Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd. dalam sambutannya yang disampaikan secara daring mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penyerahan SK kepada para dosen serta tendik tersebut.

”Pemberiaan SK kepada para dosen dan tendik ini diharapkan bisa memacu lagi semangat Selengkapnya >

Kuliah di PIAUD UMBandung, Selain Diberi Ilmu Pendidikan, Mahasiswa Juga Dibekali Ilmu Berwiraswasta


BANDUNGMU.COM – Banyak di antara guru yang berkiprah dan mengajar di level pendidikan anak usia dini yang latar belakang pendidikannya tidak linear.

Oleh karena itu, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) berkomitmen melahirkan tenaga pendidik yang berkompeten, profesional, dan berkualitas.

Belajar di PIAUD UMBandung dijamin sangat menyenangkan karena mempelajari makhluk hidup (read: anak kecil). Mahasiswa akan belajar mengenai psikologi perkembangan, psikologi umum, strategi dan evaluasi pembelajaran, dan kurikulum.

Selain itu, dipelajari juga bahasa Arab umum, bahasa Arab untuk anak usia dini, metode Al-Quran dan hadis, dan sebagainya.

”Satu lagi yang khas di PIAUD UMBandung, yakni pembelajarannya berlandaskan ilmu keislaman,” kata Selengkapnya >

Universitas Muhammadiyah Bandung Kini Resmi Punya Dua Jurnal Baru


BANDUNGMU.COM – Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPPAIK) dan Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) resmi meluncurkan dua jurnal sekaligus, yaitu ”Bayani” dan Sustainability Accounting and Finance Journal atau disingkat ”Safjour” pada Jumat 19 Maret 2021.

Acara peluncuran jurnal yang diisi dengan diskusi ilmiah ini diresmikan oleh Rektor UMBandung Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd. secara daring dan disiarkan langsung melalui channel youtube resmi kampus. Dalam sambutannya, Suyatno berterima kasih kepada LPPAIK dan seluruh pihak yang terlibat.

”Peluncuran kedua jurnal ini menjadi momentum yang sangat baik untuk pengembangan akademik, budaya riset, dan budaya menulis di kalangan para sivitas UMBandung, khusunya para dosen. Saya Selengkapnya >

LP3M UMBandung Laksanakan Sosialisasi Struktur Organisasi dan Rencana Kerja


BANDUNGMU.COM – Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) melaksanakan sosialisasi mengenai struktur organisasi yang baru dan rencana kerja melalui zoom meeting.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Sabtu (06/02/2021) pukul 10.00 WIB dengan dihadiri seluruh Tim LP3M dan ketua program studi atau perwakilannya hadir.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi ini ialah untuk mengenalkan struktur organisasi yang baru berserta rencana kerja yang akan dilaksanakan pada periode 2021-2024. Selain itu, pada kegiatan tersebut juga disampaikan pula visi dan misi LP3M.

”Visi dari LP3M diambil dari RENSTRA yang ada. Jadi, intinya berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang Selengkapnya >