Dosen dan Mahasiswa UM Bandung Luncurkan Buku “Pengolahan Limbah Industri Pangan”


Dosen dan mahasiswa dari program studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) berhasil meluncurkan buku yang berjudul “Pengolahan Limbah Industri Pangan” pada Rabu 26 Oktober 2022.

Buku yang diterbitkan oleh Pusat Hak Kekayaan Intelektual (PHKI) UM Bandung ini disusun oleh Prof Dr Ir Ellyza Nurdin MS, Fikri Akbar Fitriansyah, Febby Cahya Bangun, Najmi Ardinur Hakim, dan Sofiati Aulia Fatonah.

“Buku ini merupakan pengalaman luar biasa bagi mahasiswa bahwa ilmu yang dipelajari dengan baik dan terarah akan menghasilkan karya cipta yang mumpuni dan membanggakan. Pengakuan hak cipta dibuktikan dengan diterbitkannya sertifikat pencatatan hak cipta dan teregistrasi di pustaka nasional dalam bentuk ISBN,” Selengkapnya >

Prodi Psikologi UM Bandung Gelar PKM Soal Meningkatkan Penjualan Produk UMKM


Menarik minat konsumen agar membeli suatu produk merupakan hal penting yang harus diketahui dan dipahami oleh pelaku UMKM.

Selain itu, pelaku UMKM juga harus mengetahui trik-trik apa saja yang diperlukan dalam menarik minat calon pelanggan tersebut.

Terkait permasalahan tersebut, program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) adakan UMKM Hacks pada Rabu (31/08/2022).

Kegiatan tersebut merupakan pengabdian kepada masyarakat (PKM)  berupa seminar dengan tema “Apa Sih yang Bikin UMKM Laris?”.

Sebanyak 50 peserta pelaku UMKM dan pengurus Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat menjadi peserta acara tersebut.

Pelaksanaan PKM sendiri berlokasi di Saung Makan Babakan Cinta, Kabupaten Bandung Barat.

Diseminasi dengan UMKM

Secara terpisah dosen Psikologi UM Bandung Selengkapnya >

Kenalkan Bioteknologi, Himabit UM Bandung Gelar Seminar dan Lomba Tingkat SMA se-Jawa Barat


Himpunan Mahasiswa Bioteknologi (Himabit) UM Bandung menggelar seminar dan lomba tingkat SMA se-Jawa Barat.

Kegiatan itu bernama Bioverse atau Biotechnology Universe. Adapun temanya: Menjawab permasalahan masyarakat dengan ide bisnis Bioteknologi.

Sedangkan tujuan utama kegiatan tersebut, yakni memperkenalkan prodi Bioteknologi ke masyarakat di provinsi Jawa Barat.

“Untuk itu kita adakan seminar dan perlombaan tentang bioteknologi untuk para siswa SMA se-Jawa Barat,” ungkap Ketua Panitia pelaksana, Sari Nurhayati, di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung, Senin 5 September 2022.

Mengenalkan UM Bandung

Selain itu, papar Nurhayati bahwa acara yang baru pertama kali diadakan tersebut juga ajang memperkenalkan UM Bandung.

“Karena para siswa itu datang ke kampus, otomatis mereka Selengkapnya >

Mahasiswa PIAUD UM Bandung Berjaya pada Olimpiade Nasional PGPAUD dan Kaulinan Barudak


Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) berjaya pada Olimpiade PGPAUD Nasional dan Kaulinan Barudak 2022 yang digelar oleh PGPAUD Universitas Islam Bandung akhir Juli lalu.

Adapun prestasi yang diraih PIAUD UM Bandung yakni juara 1 pada bidang gerak dan lagu. Kemudian PIAUD juga menyabet gelar juara 2 di bidang tari kaulinan barudak.

Juara 1 pada bidang gerak dan lagu diraih oleh Afwa Nurul Haq, Alghifarina Syarha Ramadhan, Ratu Fajrianisa Azharullah, Rini Nurul Jannah, dan Siti Aisyiah Sa’diyah.

Dengan tampilan seperti dokter dan kuman, mereka menampilkan gerakan dan lagu yang bertema “Anak Sehat Ceria untuk Indonesia Jaya” dalam Selengkapnya >

Mahasiswa KTF UM Bandung Adakan Upangga Artista Exhibition, Ini Salah Satu Karyanya


Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion (KTF) UM Bandung angkatan 2021 mengadakan pameran karya dengan tema “Upangga Artista Exhibition”.

Acara yang berlangsung selama tiga hari dari Rabu-Jumat (27-29/07/2022) ini bertempat di lobi utama kampus UM Bandung.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Rektor I UM Bandung, Dekan Sosial dan Humaniora UM Bandung.

Pun Ketua program studi KTF UM Bandung, Kepala Pusat Studi Serat Biologi UNPAD, PWM Jabar, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Menurut ketua pelaksana sekaligus mahasiswa Prodi KTF UM Bandung, Hermawati, kegiatan “Upangga Artista Exhibition” merupakan pameran yang menampilkan hasil karya dari mahasiswa KTF angkatan 2021.

”Kegiatan yang menutup masa perkuliahan tingkat Selengkapnya >

Kontribusi Nyata Bangun Desa, 6 Mahasiswa UM Bandung Ikuti KKN Tematik LLDIKTI Wilayah 4 di Jabar dan Banten


Sebanyak 6 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) ikut berpartisipasi dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tematik LLDIKTI wilayah 4 dan mendapat penempatan di provinsi Banten, tepatnya di Serang dan Pandeglang. Kegiatan ini dilaksanakan dari 18 hingga 26 Agustus 2022.

“Alhamdulillah dari UM Bandung mengirimkan 6 mahasiswa. Sebanyak 4 mahasiswa ditempatkan di Serang, sedangkan 2 mahasiswa lainnya ditempatkan di Pandeglang,” ujar Ketua LPPM UM Bandung Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, M.S. di kampus UM Bandung, Rabu 20 Juli 2022.

Para mahasiswa UM Bandung ini terdiri atas Ibnu Abdul Muhaimin (Ilmu Komunikasi), Muhammad Zidan A (Ilmu Komunikasi), Julaena (Pendidikan Islam Anak Usia Didi), Selengkapnya >

Puncak Milad ke-6 UM Bandung Berlangsung Meriah


Perayaan puncak milad ke-6 Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) yang digelar di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung pada Kamis 14 Juli 2022 berlangsung meriah dan disambut antusias sivitas UM Bandung.

Berbagai kreasi seni dari para mahasiswa pun ditampilkan. Misalnya kreativitas musik, tari, teater dan musik etnik, serta sejumlah penampilan meriah lainnya.

Dari awal hingga akhir acara, seluruh keluarga besar UM Bandung (dosen, tendik, dan mahasiswa) dan tamu undangan mengikuti gelaran meriah ini dengan gembira. Acara dikemas dengan menarik, kekinian, dan didukung dengan sound sistem stabil.

Selain berbagai penampilan ciamik dari mahasiswa, pada puncak milad UM Bandung ini juga diumumkan penghargaan dan pemberian Selengkapnya >

Menginjak Usia 6 Tahun, UM Bandung Terus Berbenah


Menginjak usianya yang ke-6 tahun, Universitas Muhammadiyah Bandung terus berbenah dan memperbaiki kualitas pada berbagai bidang.

Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan visi Islamic Technopreneurial University yang diusung UM Bandung selama ini.

“Tentu kami tanpa lelah terus berikhtiar dan melakukan berbagai pembenahan di semua bidang,” tutur Rektor UM Bandung Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc IPU saat memberikan sambutan pada “Kuliah Umum dan Rektor Award” di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung, Selasa 12 Juli 2022.

Rektor juga mengapresiasi para dosen yang banyak melakukan penelitian dan pengabdian. Termasuk juga soal kerja sama UM Bandung dengan berbagai pihak demi kemajuan kampus yang beralamat di Selengkapnya >

Farmasi Universitas Muhammadiyah Bandung Menuju Akreditasi Unggul


Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap program studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) pada Selasa (28/06/2022) lalu.

Kegiatan monev ini dilakukan setelah sebelumnya program studi Farmasi UM Bandung mendapatkan status akreditasi dari LAM-PTKes.

Terkait hal tersebut, Ketua Program Studi Farmasi, apt Anis Puji Rahayu, SFarm, MSi, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut menjadi evaluasi berkala terkait masukan yang telah diberikan asesor sebelumnya.

”Pada monev tadi kami menjelaskan bahwa kami sudah melaksanakan rekomendasi dan masukan yang diberikan oleh para asesor,” ucap Anis.

Adapun hal yang disampaikan Farmasi UM Bandung berdasarkan tujuh standar akreditasi, yakni mulai Selengkapnya >

Open House dan UMKM Goes to Campus Meriahkan Rangkaian Milad UM Bandung


Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) menggelar Open House dan UMKM Goes To Campus selama 3 hari dari Senin-Rabu (27-29/06/2022) di lobi utama UM Bandung.

Acara yang digelar dalam memeriahkan Milad ke-6 UM Bandung ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UM Bandung, perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, dosen ataupun mahasiswa UM Bandung, serta tamu undangan lainnya.

Perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Yayi Rahmat, SE, MM, mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap kegiatan positif ini bisa digelar setiap tahun.

Selain itu, Yayi Rahmat menyampaikan bahwa para pelaku usaha perlu mengetahui proses perizinan usaha mereka.

”Setelah saya monitoring, masih ada Selengkapnya >

Tim Bioteknologi UM Bandung Raih Medali Emas di Ajang NICYMS 2022


Prodi Bioteknologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) berhasil meraih medali emas dalam kategori “Environmental Sciene” pada Awarding Ceremony of National Invention Competition for Young Moslem Scientists (NICYMS) & International Invention Competition for Young Muslim (IICYM) 2022 yang digelar hybrid, Minggu (12/6/2022).

Selain itu, tim Bioteknologi UM Bandung juga berhasil meraih penghargaan Semi Grand Award serta berpeluang untuk mengikuti perlombaan yang sama di tahun depan tanpa harus membayar sedikit pun.

Acara yang dilaksankan selama tiga hari tersebut, Jumat-Minggu (10-12/06/2022), merupakan kompetisi nasional bagi scientists muslim di Indonesia untuk menunjukkan karya ilmiah masing-masing.

Inovasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh tim mahasiswa Bioteknologi UM Bandung berjudul Selengkapnya >

FAI UM Bandung dan FTK UIN Sunan Gunung Djati Jalin Kerja Sama


Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bandung (FAI UM Bandung) menggelar pertemuan dan penandatanganan naskah kerja sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung di Auditorium K.H. Ahmad Dahlan UM Bandung pada Senin (10/01/2022) siang.

Di samping UIN SGD Bandung, UM Bandung juga menjalin kerja sama dengan SMA Muhammadiyah 1 Bandung, Pesantren Baitul Arqam Muhammadiyah Quranic Science Sumedang, dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sumbersari Kabupaten Bandung, dan SMP Muhammadiyah 3 Bandung.

Ditemui usai acara, Dekan FAI UM Bandung Prof. Dr. H. Afif Muhammad, M.A. menyinggung soal pendekatan baru pembelajaran agama Islam khususnya kepada generasi milenial.

”Dalam pembelajaran (agama Islam) kepada mereka ini memerlukan pendekatan, Selengkapnya >

Lantik Beberapa Pejabat, Kini UMBandung Punya 12 Pusat Studi


BANDUNGMU.COM – Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU. resmi melantik tiga wakil dekan, satu kepala lembaga, empat sekretaris lembaga, dan dua belas ketua pusat studi di Auditorium UMBandung pada Kamis (23/12/2021) pagi.

Prof. Herry berpesan kepada para pejabat yang telah dilantik di antaranya agar menepati janji yang diucapkan pada saat pengucapan sumpah jabatan. Selain itu, harus terus berinovasi, mengembangkan pendekatan baru dalam pembelajaran, dan meningkatkan mutu pendidikan, dan sebagainya.

”Di samping itu, harus mampu melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan mandat keilmuan dan kepakaran masing-masing. Saya juga berharap bahwa para pejabat yang dilantik dapat secara Selengkapnya >

Sembilan Mahasiswa UMBandung Raih Pendanaan Program Talenta Inovasi Indonesia 2021


BANDUNGMU.COM – Sebanyak sembilan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) berhasil mendapat pendanaan program Talenta Inovasi Indonesia 2021 gelombang pertama pada 05 November 2021.

Program yang diluncurkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) melalui Direktorat Sumber Daya tersebut ditujukan untuk membantu pembiayaan dalam mewujudkan inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa, pengembangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Galendo

Salah satu penerima pendanaan program ini, Sofiati Aulia Fatonah, mengatakan bahwa adanya pendanaan tersebut dapat membantu dirinya untuk memenuhi biaya penelitian skripsi yang sedang ia jalani.

”Dosen wali saya menyarankan untuk coba ikut program itu, ya semoga lolos Selengkapnya >

Angkat Tema Pahlawan Muda Era Milenial, Enam Mahasiswa UM Bandung Raih Juara Dua Videografi


BANDUNGMU.COM – Sebanyak enam mahasiswa Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) berhasil meraih juara kedua dalam perlombaan Videografi SATMENWA 806/GYB-UPN Veteran Jawa Timur yang diumumkan pada awal November 2021 lalu.

Mereka adalah, M Naufal Afrian dari jurusan Manajemen, Marcelista Tiur Maida dari jurusan Ilmu Komunikasi, Annita Azzahra jurusan Ilmu Komunikasi, Aneu Kurniasih jurusan Ilmu Komunikasi, Rizki Aprizal jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Aliman Khoerul Ibad jurusan Teknik Informatika.

Perlombaan yang mengangkat tema “Pahlawan Muda Era Milenial“ tersebut, diikuti oleh mahasiswa, anak SMA, dan masyarakat umum.

Annita Azzahra adalah salah satu mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut. Menurut dia, keikutsertaan timnya dalam lomba tersebut, berawal dari kegiatan Selengkapnya >

Mahasiswa UMBandung Berjaya dalam Ajang KMMI 2021


BANDUNGMU.COM – Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) Nada Haifa Fauzia meraih penghargaan dengan titel Kelompok Pembuat Artikel Terbaik dari kegiatan Course Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) yang diselenggarakan Unpad dan UNICEF.

Sementara itu penyerahan sertifikat penghargaan dilakukan pada Kamis (23/10/2021). Acara yang diselenggarakan selama delapan kali pertemuan tersebut mengambil tema “Sustainable Development Goals 4: Pendidikan Berkualitas” dan diikuti oleh 200 peserta dari 61 perguruaan tinggi di Indonesia.

Sustainable Development Goals (SDGs) sendiri merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.

Dihungungi terpisah via pesan singkat, Nada Haifa Fauzia Selengkapnya >

Scopus BootCamp, Strategi Artikel Penelitian Dosen FEB Tembus Jurnal Internasional


BANDUNGMU.COM – Bertempat di ruang rapat dosen, Program Studi Akuntansi yang bernaung di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) menggelar Pelatihan Scopus BootCamp pada Kamis (04/11/2021) pagi.

Hadir dalam pembukaan acara ini Rektor UMBandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU., Dekan FEB Dr. Drs. Ia Kurnia, M.Pd., CPRM., Kaprodi Akuntansi Erfan Erfiansyah, S.E., M.Ak., CTA., ACPA., CPRM., dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Prof. Herry mengapresiasi kegiatan pelatihan yang sangat positif dan penting ini

Menurutnya, kegiatan pelatihan yang rencananya akan digelar dua kali ini menjadi suatu wahana yang baik dalam membangun atmosfer akademik, khususnya di UMBandung.

Atmosfer akademik

Menurut Prof. Selengkapnya >

Penanganan Sampah, UMBandung Jadikan Babakan Penghulu Pilot Project


BANDUNGMU.COM – Bertempat di selasar lobi utama, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMBandung menggelar pertemuan kerja sama penanganan masalah sampah dengan Kelurahan Babakan Penghulu, Kota Bandung, Jumat (05/11/2021).

Ketua LPPM UMBandung Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, M.S. menyampaikan bahwa bentuk kerja sama ini sebagai wujud bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam arti secara luas, baik itu dengan dosen maupun mahasiswa UMBandung.

Prof. Ellyza mengatakan Babakan Penghulu merupakan kelurahan “tetangga dekat” sehingga kedua belah pihak ke depan bisa bahu-membahu untuk mengatasi masalah di masyarakat.

”Harus dipahami juga oleh kita bahwa masalah di masyarakat itu sangat komplek terutama untuk sampah, bukan saja Selengkapnya >

Salman Al-Barra Resmi Dilantik Sebagai Ketua HIMAPSI UMBandung


BANDUNGMU.COM – Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) resmi melakukan pergantian kepungurusan yang baru pada Sabtu (30/10/2021).

Acara yang digelar di selasar lobi utama UMBandung tersebut mengambil tema ”Membangun Semangat Baru Menuju Organisasi yang Lebih Berkualitas, Loyalitas, dan Solidaritas”.

Pelantikan HIMAPSI periode 2021-2022 dihadiri Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora secara virtual, Ketua Prodi Psikologi, Kepala Bagian Mahasiswa, Ketua BEM, dan beberapa tamu yang lainnnya.

Usai acara, Ketua HIMAPSI Periode 2019-2021 Muklis Amruloh mengatakan bahwa pelantikan ini menjadi awal tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh kepengurusan himpunan yang baru.

”Pelantikan ini menjadi awal untuk mereka berproses dalam menjalankan himpunan agar menjadi lebih baik Selengkapnya >

IMM Kota Bandung Minta Pemerintah Evaluasi PPKM Level 4


BANDUNGMU.COM – Selepas masa perpanjangan PPKM yang berakhir 2 Agustus, pemerintah telah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021. Tak ayal, keputusan ini menjadi perdebatan karena dinilai hanya akan menambah beban masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah  (PC IMM) Kota Bandung Bidang Hikmah, Politik, dan Kebijakan Politik, M. Fauzan Irsyad, menilai bahwa pemerintah plinplan dan sedang tidak baik-baik saja.

“Dalam pernyataan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah terkait PPKM Level 4, kami melihat bahwa pemerintah begitu plinplan dan tidak stabil dalam menanggulangi wabah Pandemi Covid-19 ini. Dalam pelaksanaan kebijakan Selengkapnya >

Muhammadiyah Tidak Memisahkan Antara Ilmu Pengetahuan dan Agama


BANDUNGMU.COM – Meskipun pandemi Covid-19 adalah musibah, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti mensyukuri sisi lain, misalnya meningkatnya temuan dan teknologi pelayanan kesehatan baru di masa pandemi.

“Riset-riset yang memberikan pandangan dan perspektif mengenai pandemi ini juga semakin banyak kita baca. Itulah kemudian pandangan positif dan konstruktif yang menjadi bagian dari cara pandang Muhammadiyah terhadap musibah dan bencana itu,” kata Mu’ti, seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (04/08/2021).

Cara pandang harmonis Muhammadiyah menurut Mu’ti adalah wajah ideal Islam yang tidak mendikotomikan posisi agama dan posisi ilmu pengetahuan.

“Dan karena itu maka sains dan religion itu berjalan seiring seirama. Agama memberi kita Selengkapnya >

Forum Guru Besar Muhammadiyah Jabar Gelar Vaksinasi Covid-19 secara Massal


BANDUNGMU.COM – Forum Guru Besar Muhammadiyah (FGBM) Jabar akan menggelar vaksinasi covid-19 secara massal untuk masyarakat umum selama satu hari, yakni Jumat 06 Agustus 2021, di Aula Masjid Al-Amman Al-Muwanah Polda Jawa Barat, Jln. Soekarno-Hatta No. 748 Kota Bandung.

Ditargetkan sebanyak 1500 orang bisa ikut vaksinasi yang digelar dalam waktu sehari ini. Masyarakat bisa mendaftarkan diri dan membawa KTP asli saat datang ke lokasi vaksinasi. Adapun vaksin yang akan digunakan yaitu Sinovac dan Astrazeneca.

Acara vaksinasi massal ini akan dilaksanakan atas kerja sama antara semua pihak. Di antaranya Forum Guru Besar Muhammadiyah Jabar, MCCC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Universitas Aisyiyah Bandung, Universitas Muhammadiyah Selengkapnya >

Selesai Akreditasi, Kaprodi KTF UMBandung Berharap Hasil Terbaik


BANDUNGMU.COM – Kepercayaan masyarakat kepada suatu program studi di universitas ditentukan salah satunya oleh seperti apa status atau akreditasi prodi tersebut.

Oleh karena itu, akreditasi menjadi sesuatu tahapan yang sangat penting bagi suatu program studi karena menyangkut kepercayaan masyarakat dan lebih dari itu menyangkut juga mengenai kualitas lulusan.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion Universitas Muhammadiyah Bandung (KTF UMBandung) usai akreditasi atau asesmen lapangan, Jumat-Sabtu (16-17 Juli 2021).

Acara yang digelar secara daring dan luring ini dipusatkan di ruang rektorat UMBandung. Sejak hari pertama hingga hari terakhir, acara berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bertindak sebagai asesor Selengkapnya >

Sukses Gelar Akreditasi Psikologi UMBandung Bertekad Jadi Prodi yang Bisa Diandalkan dan Diperhitungkan


BANDUNGMU.COM – Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah selesai melaksanakan akreditasi petamanya pada 26-27 April 2021 yang dipusatkan di Rektorat UMBandung.

Meskipun penilaian dari pihak asesor BAN-PT dilakukan secara daring yang membutuhkan peralatan teknis tidak sedikit, tetapi pelaksanaan akreditasi Prodi Psikologi ini berjalan cukup baik, hikmat, dan sukses hingga akhir.

Dalam proses akreditasi kali ini, Prof. Dr. Mungin Edi Wibowo, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang dan Prof. Augustinus Supratiknya, Ph.D. dari Universitas Sanata Dharma bertindak sebagai penilai.

Ketua Prodi (kaprod) Psikologi Riyanda Utari, S.Psi., M.P.si. mengatakan ia dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi merasa berbahagia atas kelancar kegiatan yang Selengkapnya >

STAIM Resmi Jadi Fakultas Agama Islam UMBandung. Rektor: Ini Kekuatan Besar untuk Pengembangan Kampus


BANDUNGMU.COM – Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Bandung telah resmi bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) pada Kamis 22 April 2021.

Bergabungnya STAIM dengan UMBandung ditandai pemberian surat keputusan (SK) Menteri Agama. SK ini diberikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T., kepada pihak universitas di Auditorium UMBandung.

STAIM sebelumnya berdiri sendiri dan menyelenggarakan pembelajaran mandiri. Namun, kini menerima SK penggabungan dan telah resmi diubah menjadi Fakultas Agama Islam yang bernaung di bawah UMBandung.

Menurut Ali Ramdhani, penggabungan kampus ini menjadi sebuah anugerah yang besar. Sebabnya hal tersebut Selengkapnya >

Selesai Gelar Akreditasi, Kaprodi Ilkom: Kita Bertekad Menjadi Prodi yang Sangat Baik pada 2022


BANDUNGMU.COM – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) telah melakukan serangkaian proses akreditasi program studi pada 5-6 April 2021.

Dalam pelaksanaan akreditasi daring ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bertindak sebagai penilai.

Dua asesor BAN-PT yang bertugas yaitu Dr. Catur Suratnoaji, M.Si. dari Universitas Pembangunan Nasional dan Dr. S. Bekti Istiyanto dari Universitas Jenderal Soedriman.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMBandung Dra. Euis Evi Puspitasari, M.Si. mengatakan, hal yang dinilai oleh tim asesor dalam asesmen lapangan atau akreditasi setidaknya meliputi sembilan unsur.

Yakni mulai dari tata pamong sampai luaran lulusan mahasiswa yang sudah dioptimalkan selama lima tahun untuk mencapai visi dan misi, Selengkapnya >

Ditandai Penyerahan SK STIEM Resmi Bergabung dengan UMBandung


BANDUNGMU.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Bandung telah resmi bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) pada Senin 29 Maret 2021.

STIEM berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMBandung. Hal itu ditandai dengan turunnya surat keputusan (SK) kepada 30 dosen dan tenaga kependidikan yang sebelumnya mengabdi STIEM.

Acara pemberian SK tersebut dilaksanakan di Aula UMBandung lantai tiga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rektor UMBandung Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd. dalam sambutannya yang disampaikan secara daring mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penyerahan SK kepada para dosen serta tendik tersebut.

”Pemberiaan SK kepada para dosen dan tendik ini diharapkan bisa memacu lagi semangat Selengkapnya >

Kuliah di PIAUD UMBandung, Selain Diberi Ilmu Pendidikan, Mahasiswa Juga Dibekali Ilmu Berwiraswasta


BANDUNGMU.COM – Banyak di antara guru yang berkiprah dan mengajar di level pendidikan anak usia dini yang latar belakang pendidikannya tidak linear.

Oleh karena itu, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) berkomitmen melahirkan tenaga pendidik yang berkompeten, profesional, dan berkualitas.

Belajar di PIAUD UMBandung dijamin sangat menyenangkan karena mempelajari makhluk hidup (read: anak kecil). Mahasiswa akan belajar mengenai psikologi perkembangan, psikologi umum, strategi dan evaluasi pembelajaran, dan kurikulum.

Selain itu, dipelajari juga bahasa Arab umum, bahasa Arab untuk anak usia dini, metode Al-Quran dan hadis, dan sebagainya.

”Satu lagi yang khas di PIAUD UMBandung, yakni pembelajarannya berlandaskan ilmu keislaman,” kata Selengkapnya >

Universitas Muhammadiyah Bandung Kini Resmi Punya Dua Jurnal Baru


BANDUNGMU.COM – Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPPAIK) dan Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) resmi meluncurkan dua jurnal sekaligus, yaitu ”Bayani” dan Sustainability Accounting and Finance Journal atau disingkat ”Safjour” pada Jumat 19 Maret 2021.

Acara peluncuran jurnal yang diisi dengan diskusi ilmiah ini diresmikan oleh Rektor UMBandung Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd. secara daring dan disiarkan langsung melalui channel youtube resmi kampus. Dalam sambutannya, Suyatno berterima kasih kepada LPPAIK dan seluruh pihak yang terlibat.

”Peluncuran kedua jurnal ini menjadi momentum yang sangat baik untuk pengembangan akademik, budaya riset, dan budaya menulis di kalangan para sivitas UMBandung, khusunya para dosen. Saya Selengkapnya >

LP3M UMBandung Laksanakan Sosialisasi Struktur Organisasi dan Rencana Kerja


BANDUNGMU.COM – Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) melaksanakan sosialisasi mengenai struktur organisasi yang baru dan rencana kerja melalui zoom meeting.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Sabtu (06/02/2021) pukul 10.00 WIB dengan dihadiri seluruh Tim LP3M dan ketua program studi atau perwakilannya hadir.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi ini ialah untuk mengenalkan struktur organisasi yang baru berserta rencana kerja yang akan dilaksanakan pada periode 2021-2024. Selain itu, pada kegiatan tersebut juga disampaikan pula visi dan misi LP3M.

”Visi dari LP3M diambil dari RENSTRA yang ada. Jadi, intinya berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang Selengkapnya >